Bupati Karo: 4 Unit Rumah dan 1 Mobil Rusak Akibat Puting Beliung

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menegaskan, pasca terjadinya angin puting beliung dengan hujan gerimis yang melanda di sejumlah wilayah Kota Kabanjahe sekitarnya Tanah Karo, Rabu (31/3/2021), tidak sampai mengganggu aktifitas masyarakat di ‘Bumi Turang’ itu.

“Walaupun sejumlah pohon tumbang, rumah masyarakat rusak dan sejumlah areal jaringan listrik sempat putus akibat terjangan angin kencang, tapi tidak sampai mengganggu aktifitas masyarakat,” ujar Bupati Karo kepada wartawan, Kamis (1/4/2021) di Kabanjahe.

Terkelin menyampaikan hal itu, usai menerima laporan Plt BPBD Karo Natanail Peranginangin, terkait terjadinya puting beliung yang melanda Karo.

Bupati Karo menyebutkan, ada pun pohon yang tumbang di Jalan Selamat Ketaren Kelurahan Padang Mas Kecamatan Kabanjahe, Jalan Nabung Surbakti Lau Cimba menimpa satu unit Rumah Dinas Asrama Kodim 0205/TK. Kemudian di Jalan Veteran Kelurahan Gung Leto samping Kantor Dinas Pertanian Karo.

Selain itu, katanya, ada juga pohon kelapa tumbang di Dusun Perlamben Desa Pergendangen Kecamatan Tiga Binanga. Serta di Desa Tongging Kecamatan Merek Karo.

“Tidak ada korban jiwa, Kerugian material sesuai pendataan akibat tertimpa pohon, ada empat rumah mengalami rusak. Yang terdiri dari dua rumah masyarakat dan dua hotel penginapan. Ditambah satu unit kijang mobil dengan kerugian ditaksir ratusan juta,” bebernya.

Instruksi Bupati Karo

Bupati Karo saat kejadian, Iangsung menginstruksikan kepada BPBD, TNI, dan Polri untuk turun ke lapangan. Hal itu guna membantu warga membersihkan pohon tumbang dan melaksanakan monitoring ke titik-titik bencana angin puting beliung.

Bupati juga meminta masyarakat agar memberikan informasi, jika ada kejadian yang tidak tercatat oleh tim work atau camat di wilayah masing-masing. Sehingga informasi warga tersebut, dapat berlanjut lagi ke pihak BPBD Karo.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment